Pengertian dan Keuntungan Iklan Online

A. Pengertian Iklan Online dan Keuntungan Menggunakan Iklan Online

    1. Pengertian Iklan Online
        Iklan adalah segala bentuk aktivitas untuk menghadirkan dan mempromosikan ide, barang, ataupun jasa secara nonpersonal melalui media yang dibayar oleh sponsor/pihak tertentu. (Durianto,dkk;2004).
        Iklan Online adalah upaya pemasaran online dengan menampilkan sebuah situs web pada hasil pencarian search engine dengan cara berbayar.
       Iklan Online sering melibatkan sekurang-kurangnya 2 pelaku, yaitu penerbit dan pengiklan. Penerbit mengintegrasikan iklan ke konten online, sedangkan pengiklan menyediakan iklan yang akan ditampilkan pada konten penerbit.

    2. Keuntungan Iklan Online
        a. Mengurangi biaya (reduse cast)
            Biaya yang dibutuhkan untuk iklan online relatif lebih murah jika dibandingkan dengan biaya iklan di dunia offline.
        b. Cakupan yang lebih luas (wider coverage) 
            Cakupan dan jangkaunnya yaitu seluruh dunia, berbeda dengan iklan offline yang jangkauannya hanya daerah sekitar.
        c. Pengguna dapat disasar sesuai keinginan (targeted audiences)
            Iklan online juga memiliki nilai tambah lain (value added)  yaitu dapat menarget pasar sesuai keinginan. contoh jika wilayah sasaran produk akan dipasarkan hanya indonesia saja, maka upaya yang dilakukan untuk mencapai target adalah melakukan riset kecil tentang calon pengguna produk/jasa.
        d. Mudah melacak dan mengukur (easy to track and measure)
            Perusahaan yang mempromosikan produk/jasa dengan iklan online dapat melakukan pelacakan serta mengukur tingkat efektivitas pemanfaatan media online sebagai sarana iklan.
        e. Kecepatan yang lebih baik (better speed)
            Proses pemasangan iklan dan proses iklan untuk sampai pada target atau konsumen lebih cepat dibandingkan dengan cara offline.
        f. Informatif (informative)
           Informasi yang diberikan pada iklan online sangat jelas baik berupa teks, gambar, maupun kombinasi dari keduanya.
        g. Pengguna mudah berinteraksi (easy audience engagement)
            Seseorang yang memakai media online seperti internet mudah untuk melihat, membaca dan melakukan interaksi bahkan langsung melakukan transaksi.
        h. Merk lebih dikenal (better branding)
            Iklan online memungkinkan merk produk perusahaan dapat dikenal lebih cepat
        i. Opsi pembayaran fleksibel (flexible payment option)
           Pembayaran iklan online dapat dilakukan lebih fleksibel, tergantung perjanjian antara penyedia iklan online.
        j. ROI yang lebih baik
           Biaya yang digunakan untuk iklan online lebih kecil dibandingkan dengan beriklan secara tradisional (offline).


Komentar